Monday 14 April 2014

LANDAK 2014

みんな、こんにちは!!

Ya, minna!! ini posting pertama di bulan April, mengenai Landak 2014. Tahu kan Landak itu apa? Eeits, jangan membayangkan binatang bernama landak itu ya,ini bukan soal binatang. Landak = Latihan Dasar Kepemimpinan. Proker siapa? Tidak lain dan tidak bukan adalah proker bidang PSDMO. Jadi, gimana Landak tahun ini? Yuk, kita simak uraian singkat dibawah ini.

Hari itu, hari Sabtu tanggal 5 April 2014, sejak pagi-pagi sekali semua anggota bidang PSDMO sudah berkumpul di Arboretum menanti teman-teman Himade lainnya selaku peserta Landak. Sampai pada akhirnya sekitar jam 08.00 wib semua sudah datang dan berkumpul di Arboretum.

Acara dimulai. Pertama-tama semua peserta Landak dibagi ke dalam enam kelompok. Setelah itu sarapan bersama, semua peserta sarapan bersama sebelum melakukan kegiatan selanjutnya yang akan menguras tenaga.

Sarapan selesai. Kita kedatangan kakak-kakak berbadan tegap dari MENWA yang akan mengajari baris-berbaris. Diperkenalkan terlebih dahulu kakak-kakak dari MENWA-nya ada, kak Zulfikri, kak Agus, dan kak Nika. Sebelum mulai latihan baris berbaris, peserta landak dibagi menjadi dua kelompok. Latihan baris berbaris dimulai, harus fokus, biar kompak dan gak salah-salah.

Selanjutnya kita kedatangan bang Randy (2011), disini bang Randy memaparkan mengenai kepemimpinan, mengenai pemimpin. Dari apa yang dipaparkan oleh bang Randy banyak hal yang bisa ditanamkan dalam diri kita, salah satunya, “pemimpin harus tegas. Disaat pemimpin harus membuat keputusan disitulah ketegasan dibutuhkan.” Ya, begitulah kira-kira.

Games. Para panitia berbaik hati memasukan games ke dalam rundown, bukan tanpa tujuan karena setiap games ini memiliki esensi masing-masing. Jadi begini,
Ada enam kelompok.

Ada tiga pos; pos A, pos B, dan pos C.

Disetiap pos ada dua kelompok yang bersaing untuk memenangkan permainan.

Pos pertama, pos A. Disini kedua kelompok yang berlomba diharuskan memindahkan aqua gelas dari satu titik ke titik lain dan harus disusun. Mmm.. mudah kan? Tapi, setiap tim harus memindahkan aqua gelas menggunakan karet gelang yang disetiap sisinya diikat oleh tali sebagai pegangan. Musti gesit dan kompak supaya menang.

Pos kedua, pos B. Disini setiap tim harus memiliki leader untuk mengarahkan. Cara bermainnya begini, setiap ujung tali rapia disatukan sehingga melingkar. Semua anggota tim masuk kedalam lingkaran tali itu dengan mata tertutup, tali sebatas pinggang. Tim diminta untuk membuat benuk sesuai permintaan panitia. Semua anggota matanya ditutup, begitu juga leader, sebelumnya leader harus mengingat nama dan posisi anggota tim. Setelah itu barulah leader mengarahkan kemana anggotanya harus bergerak agak bisa membuat bentuk yang diperintahkan. Hal yang dibutuhkan dalam games ini adalah rasa percaya dan konsentrasi.

Pos ketiga, pos C. Semua kaki setiap tim diikat satu sama lain, kemudian posisinya dalam semacam sikap lilin. Diatas telapak kaki ditaruh ember berisi air. Bagaimanapun caranya, mereka harus melepaskan ikatan dikaki tanpa membuat ember tumpah. Jadi harus bekerja sama dengan baik diiringi oleh kekompakan.

Games finnish. Ada pemateri lagi nih, kang Billy (2010). Kang billy membahas soal organisasi. Penyampaiannya asyik, ini jadi semacam sharing.

Rupanya materi dari kang billy adalah rangkaian acara yang terakhir. Jadi, acara Landak ini berakhir sampai disini.

Tidak sabar menantikan Landak tahun depan. Semoga makin baik ya. SEMANGAT !!

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com