Wednesday 9 September 2015

Festival Obon



Di jepang banyak sekali mengadakan festival, hampir sepanjang tahun festival diadakan. Kali ini kita akan membahas Festival Obon.

Apa itu festival obon? Yaitu tradisi untuk memperingati arwah leluhur di musim panas yang sudah ada di Jepang sejak sekitar abad ke-8. Obon dikenal sebagai upacara yang berkaitan dengan agama Buddha, tradisi ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Jepang yang disebut Urabon.

(sumber : peregrinatewithme.wordpress.com)
1.    Bulan ke-7 hari ke 15 menurut kalender Tempo
2. 15 Juli menurut kalender Gregorian
3. 15 Agustus menurut Kalender Gregorian mengikuti perhitungan Tsukiokure.

Namun pada saat ini, orang Jepang umumnya merayakan Obon pada tanggal 15 Agustus menurut kalender Gregorian. Obon juga artinya liburan musim panas bagi orang Jepang yang tidak mengerti tradisi agama Buddha.
Sumber : blog.littletokyounplugged.org

Acara menari bersama yang disebut Bon Odori dilangsungkan sebagai penutup perayaan obon. Konon gerakan dalam bon odori meniru arwah leluhur yang menari gembira setelah lepas dari hukuman kejam dari neraka. Bon odori merupakan puncak dari diadakan di Jepang. Pelaksanaan Bon Odori memilih saat terang bulan yang kebetulan terjadi pada tanggal 15 Juli atau 16 Juli menurut kalender Tempo.
 

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com