Wednesday 9 September 2015

BONEKA DARUMA

Hallo minna san! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas mengenai boneka daruma!
Daruma-san

Apa itu boneka daruma? Boneka daruma yaitu mainan asal jepang dengan bentuk hampir bulat. Boneka daruma berasal dari cerita Bodhidharma yang 9 tahun lamanya bertapa untuk meditasi. Konon karena lamanya meditasi tersebut, kaki dan tangannya tidak berfungsi dan lepas dari tubuhnya. Oleh karena itu, boneka daruma tidak mempunyai tangan dan kaki.

Boneka daruma dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan lambing harapan yang belum tercapai. Orang yang telah membuat harapan, kemudian harus menggambar salah satu matanya dan dilanjutkan dengan menggambar sebelah matanya lagi jika harapan yang lainnya sudah terkabul. Daruma yang sudah digambar dengan lengkap dianjurkan untuk dikembalikan ke kuil untuk dibakar.
Festival daruma

Festival daruma biasanya diadakan tanggal 6 dan 7 Januari disetian tahunnya di Kota Takasaki Prefektur Gunma. Ada dua permainan daruma, yaitu Daruma Otoshi dan Daruma ga koronda.
Daruma otoshi yaitu beberapa potongan kepala daruma yang disusun secara bertingkat. Sedangkan Daruma ga koronda yaitu permainan yang dimainkan sekelompok pemain yang berjaga, jika di indonesia mungkin seperti Petak Umpet! Seru yah sepertinya..

daruma otoshi




0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com